Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Sosok Jerry Sambuaga, Wamendag Milenial Berusia 34 Tahun

Presiden Joko Widodo melantik 12 wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk menempati 11 Kementerian. Pelantikan digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat. 25 Oktober 2019. Satu dari 12 wakil menteri yang dilantik adalah Jerry Sambuaga, politisi dari Partai Golkar berusia 34 tahun atau berasal dari kalangan milenial. Jerry Sambuaga ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Perdagangan mendampingi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam Kabinet Indonesia Maju
"Pak Presiden memberikan arahan terkait isu-isu perjanjian internasional, perdagangan internasional, dan bagaimana Indonesia bisa memberdayakan mengoptimalkan kebijakan yang bisa membuat Indonesia lebih kuat," kata Jerry usai dipanggil Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jumat, 25 Oktober 2019.
Jerry Sambuaga berharap Indonesia ke depannya dapat mengoptimalkan kebijakan yang ada, sehingga bisa membuat Indonesia lebih bisa memiliki posisi tawar dengan negara-negara lainnya.
Jerry merupakan anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2014-2019 dari Partai Golkar. Pada 2016, kelahiran Jakarta, 2 Juli 1985 tersebut mendapatkan gelar Doktor dari Ilmu Politik dan menjadikannya sebagai Doktor Ilmu Politik termuda dari Universitas Indonesia.
Putra dari Mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat Theo L Sambuaga ini mencalonkan diri kembali menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Partai Golkar Dapil Sulawesi Utara dengan nomor urut 1.
Jerry Sambuaga merupakan lulusan Bachelor of Arts in Politics, University of San Francisco (2006). Master of International Affairs in International Security Policy, Columbia University (2008). Doktor Ilmu Politik, Universitas Indonesia (2016).
Ketika mengemban tugas sebagai Wamendag, Jerry menyampaikan ingin mengupayakan perbaikan neraca perdagangan antara lain dengan mendorong peningkatan signifikan volume ekspor.
"Sesuai arahan Pak Presiden Jokowi, kami ingin menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa besar dan maju, kami berupaya menciptakan neraca perdagangan yang baik dan volume perdagangan yang meningkat signifikan," kata Jerry Sambuaga.
Presiden Jokowi saat mengenalkan 12 Wamen Kabinet Indonesia Maju, menyebutkan Wamendag akan memberikan dukungan bantuan kepada Mendag. "Pak Jerry Sambuaga, masih muda, beliau putra Sulut, lulusan S1 dan S2 di AS, nanti akan memberikan dukungan dan bantuan kepada Mendag," kata Jokowi.
Jokowi menyebutkan Jerry Sambuaga dipercaya menjadi Wamendag dan akan berikan "back up" penuh agar perjanjian perdagangan dengan negara lain bisa diselesaikan. "Juga untuk meningkatkan ekspor kita ke negara-negara non tradisional," kata Jokowi.
Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Benny Sutrisno menyampaikan, dengan hadirnya Jerry Sambuaga sebagai wamendag, Mendag Agus akan dapat berbagi tugas dalam mengurus perdagangan yang lingkupnya luas.
"Mungkin akan membagi pekerjaan ya. Karena kan pekerjaannya banyak banget. Toko saja ada yang online ada yang offline, ada online," ujar Benny.
Selain itu, hal yang tidak kalah penting untuk dilanjutkan adalah pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional, di mana Presiden Jokowi menjanjikan 1.000 pasar tradisional dalam lima tahun.

Posting Komentar

0 Komentar