Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Jerry Sambuaga: Wakil Menteri Perdagangan dari Milenial

Jerry Sambuaga Wamendag Milenial
Jerry Sambuaga Wamendag Milenial

Tokoh Bangsa Masa Kini - Jerry Sambuaga jadi salah satu dari sekian banyak nama calon wakil menteri yang dipanggil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Kepresidenan.

Selesai berjumpa dengan Presiden Joko Widodo, Jerry diminta untuk mengisi jabatan Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga diharapkan dapat membantu serta menolong Agus Suparmanto yang baru saja juga dilantik menjadi Menteri Perdagangan.

Jerry Sambuaga juga merupakan anak dari bos Lippo Cikarang. Jerry Sambuaga ini lahir di Jakarta pada tanggal 2 Juli 1985. Bapaknya, Theo L Sambuaga merupakan Kepala negara Komisaris PT Lippo Cikarang.

Walaupun didapuk jadi delegasi menteri perdagangan, nyatanya kerangka balik Jerry lebih banyak di aspek pertahanan serta keamanan global. Jerry berkuliah di University of San Fransisco, AS buat titel S1.

Setelah itu, ia meneruskan S2 di Columbia University, School of International and Public Affair New York bidang International Security Policy. Jerry menuntaskan S3 di Universitas Indonesia.

Jerry sempat jadi researcher buat ketua keamanan global serta Perlucutan Senjata (KIPS) pada Direktorat KIPS di Unit Luar Negara (Deplu) RI, yang bekerja mempelajari serta melaksanakan studi permasalahan terorisme, keamanan global, serta rumor hal pertahanan.

Pada tahun 2006, Jerry ikut serta aktif sebagai Researcher dalam tujuan pengawal perdamaian serta pernyataan bentrokan, persisnya sebagai bagian politik pada Perwakilan Senantiasa Republik Indonesia buat PBB.

Jerry Sambuaga dikala itu bekerja sama sebagai Advokat Spesial deputi Indonesia di PBB. Satu tahun selanjutnya ialah tahun 2007, Jerry ikut serta dalam studi sebagai Researcher buat ASEAN Regional Forum (ARF) di Sekretariat ASEAN, Jakarta yang dengan cara khusus menyelidiki serta menganalisa permasalahan bentrokan kedaerahan, pertahanan, keamanan, terorisme, serta tentara di area Asia Tenggara.

Pada tahun 2008- 2009, Jerry berprofesi sebagai Karyawan Pakar Pimpinan DPR RI yang dengan cara khusus menanggulangi isu- isu luar negara, spesialnya terpaut ikatan DPR RI dengan parlemen- parlemen asing. Serta sehabis berakhir berprofesi sebagai Staff Ahli Ketua DPR RI, Jerry setelah itu berprofesi sebagai Staff Ahli Ketua DPD RI dari tahun 2009- 2016.

Di luar Golkar, Jerry Sambuaga juga aktif di beberapa Ormas, antara lain sebagai Wakil Sekretaris DPP Himpunan Pengusaha Kosgoro 1957, Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Ketua DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), dan Wakil Sekjen DPP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG).

Saat ini Jerry Sambuaga berprofesi sebagai Delegasi Sekeretaris Jenderal DPP Partai Golkar serta pula sekalian sebagai Wakil Ketua Umum DPP AMPI. 

Secara singkat Jerry Sambuaga ini pernah berprofesi sebagai Dosen, Konsultan, Akademisi, Tenaga Pendidik, bahkan sebagai politisi.

Jerry Sambuaga
Jerry Sambuaga

Dosen serta Konsultan

Jerry yang berzodiak Cancer ini ialah dosen FISIP Universitas Sam Ratulangi, serta dosen FISIP Ikatan Global serta Ilmu Politik Universitas Pelita Impian.

Tidak hanya itu, Jerry pula mempunyai suatu industri diskusi, The Zoom Strategist, yang dengan cara spesial menelaah kebijaksanaan serta strategi di dalam aspek politik serta rezim. Disela aktivitasnya, Jerry pula aktif menulis di Setiap hari Biasa Suara Pembaruan sebagai Kolumnis.

Kerangka Balik Pendidikan

Ketertarikannya kepada politik di Indonesia membuat Jerry menekuni serta mempelajari ilmu politik dari tahapan S1, S2, hingga S3. Jerry mencapai titel Ahli dalam Ilmu Politik dari Universitas Indonesia.

Tadinya, beliau mencapai titel Ahli of International Affairs (MIA) in International Security Policy dari School of International and Public Affairs (SIPA), Columbia University, New York AS. Buat titel sarjananya, Jerry mencapai titel Bachelor of Arts in Politics dari University of San Francisco.

Pengalaman Kerja

Jerry mempunyai pengalaman yang lumayan relevan terpaut rumor politik serta ikatan global. Pada tahun 2005 Jerry jadi Researcher buat Ketua Keamanan Global serta Perlucutan Senjata (KIPS) pada Direktorat KIPS di Unit Luar Negara (Deplu) RI, yang bekerja mempelajari serta melaksanakan studi permasalahan terorisme, keamanan global, serta rumor hal pertahanan.

Pada tahun 2006, Jerry ikut serta aktif sebagai Researcher dalam tujuan pengawal perdamaian serta pernyataan bentrokan, persisnya sebagai bagian politik pada Perwakilan Senantiasa Republik Indonesia buat PBB. Jerry dikala itu bekerja sama sebagai Advokat Spesial deputi Indonesia di PBB.

Satu tahun selanjutnya ialah tahun 2007, Jerry ikut serta dalam studi sebagai Researcher buat ASEAN Regional Forum (ARF) di Kepaniteraan ASEAN, Jakarta yang dengan cara khusus menyelidiki serta menganalisa permasalahan bentrokan kedaerahan, pertahanan, keamanan, terorisme, serta tentara di area Asia Tenggara.

Pada tahun 2008– 2009, Jerry berprofesi sebagai Karyawan Pakar Pimpinan DPR RI yang dengan cara khusus menanggulangi isu- isu luar negara, spesialnya terpaut ikatan DPR RI dengan parlemen- parlemen asing. Serta sehabis berakhir berprofesi sebagai Karyawan Pakar Pimpinan DPR RI, Jerry setelah itu berprofesi sebagai Karyawan Pakar Pimpinan DPD RI dari tahun 2009– 2016.

Turun ke Politik

Dalam bumi politik efisien, Jerry telah mulai merintis kegiatan politiknya di Partai Golkar semenjak sedang anak muda. Keterlibatannya di Partai Golkar diawali dari tahun 2002, dimana Jerry mulai aktif dalam kegiatan- kegiatan yang diselenggarakan oleh partai berlambang tumbuhan beringin itu.

Dalam bentuk DPP Partai Golkar, Jerry sempat terdaftar sebagai Badan Tubuh Pemenangan Pemilu (Bappilu), Badan Aspek Penggalangan Spesial sub aspek Pemilih Pendatang baru, Aparat tingkatan Pusat DPP Partai Golkar, serta Badan Informasi Komunikasi (BIK), Badan Unit Kerjasama Global DPP Partai Golkar, sekalian sebagai Badan Balitbang DPP Partai Golkar.

Di luar Golkar, Jerry pula aktif di sebagian Ormas, antara lain sebagai Wakil Sekretaris DPP Gabungan Wiraswasta Kosgoro 1957, Pimpinan DPP Komisi Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Pimpinan DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), serta Wakil Sekjen DPP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG). Dikala ini Jerry berprofesi sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar serta pula sekalian sebagai Wakil Pimpinan Umum DPP AMPI. 

Posting Komentar

0 Komentar